Skip to main content

Umroh Day 8 : Last Day in Madinah

25 Januari 2023

Subuh kali ini madinah makin dingiiiin.... Jadi tambah mellow kan... karena ini merupakan Subuh terakhir di rangkaian umroh ini. Padahal kayaknya masih pengen disini, belum puas ibadahnya, belum explore ke banyak tempat, belum ini dan itu lah pokonya. Madinah tuh emang nyaman banget buat jadi tempat tinggal, vibesnya santuy trus cuacanya tuh enak buat ngapa-ngapain. Gw jadi ngayal bisa menghabiskan masa tua disini, trus meninggal dan dimakamkan di Baqi. Atau plan B nya adalah mengkuliahkan anak gw di Madinah (terutama anak gw yang laki), jadi nanti bisa  sering - sering ke Madinah buat jenguk anak gw deeh... Aamiin..semoga bisa terkabul ya impian gw ini. 


No filter needed. Cangtip as always


Dibawah payung mesjid Nabawi

Dan Allah baik banget sama gw, pembimbing gw ngasih info kalo pesawat kita delay hampir 3 jam. Aaaak...gw seneng banget dong..! baru kali ini pesawat delay, hepinya ga ketulungan. karena...kita jadi masih bisa shalat dhuhur di Masjid Nabawi.Harusnya tuh udah terbang ke Indonesia pas dzuhur. Alhamdulillah...Allah Maha Mengetahui yang diinginkan umat-Nya
 

Tepat dibawah kubah hijau itu, makam Rasulullah berada..

Ada kejadian lucu sekaligus pelajaran buat gw saat shalat Subuh terakhir di masjid Nabawi. Jadi pas kita lagi shalat Subuh berjamaah. gw inget banget pas tahiyyat akhir, tiba - tiba dari arah 3 shaf di depan gw terdengar teriakan seorang wanita. Tapi karena imam belum menyerukan salam, aq jadi berusaha khusyu. Setelah selesai shalat kita segera mencari sumber suara teriakan tadi, yang ternyata seorang wanita seumuran gw sedang menangis tersedu di pelukan keluarganya. Gw ga tau wanita ini tuh orang mana. mirip sama orang arab sih tapi ada bule - bulenya. Gw juga masih menebak-nebak kondisi saat itu karena mereka bicara bahasa entah apa itu sambil menenangkan si wanita. Eeh tiba - tiba ada kucing menyeruak di kerumunan jamaah perempuan. Ya Allah..ternyata wanita itu phobia kucing kayak gw. Duh, i feel you mbak.... tapi gw jadi pengen ga takut kucing loh? Biar ga kayak mbak tadi.... but howww....?? huhu...
 

Menunggu waktu syuruq bonus langit marble cantik


Keluar masjid Nabawi saat waktu Syuruq gw janjian sama paksu di depan pintu masuk wanita no 27, kita udah niat banget nih mau nyamperin Al Baik yang di dekat Madinah. Al Baik itu semacam KFCnya Arab, terkenal banget disini. Sebenarnya udah penasaran banget pengen cobain pas di Mekkah, tapi di Mekkah ternyata ga jual ayamnya. Jadi pas gw udah antri nih di AL Baik yang deket Masjidil Haram (di mal Jabal Omar dan pertokoan dekat Zam Zam Tower), di 2 outlet itu cuma jual nugget, kalo yang di Jabal Omar ada menu udang juga. Karena paksu punya love-hate relationship sama udang (doyan tapi kolesterolnya tinggi) jadi mending di skip aja tiap ada menu udang, begitu pun yang ini, kita ga doyan nugget, paksu ga doyan udang jadi kita ogah mau nerusin ngantri. Mana antriannya tuh panjaaaaang banget apalagi yang di mal Jabal Omar, kalo di outlet yang di pinggir jalan pertokoan Zam Zam Tower ada line khusus untuk Akhwat. 

Pas di Madinah ini juga kita sering banget ketemu orang yang bawa plastik Albaik, tambah penasaran dong..tapi ga sempet terus. Nah ternyata setelah browsing di internet tuh emang saat - saat bubaran shalat dhuhur, ashar an isya tuh memang peak hour nya Al Baik. Jadilah kita niatin untuk ke Al Baik di jam baru bukanya, yaitu jam 7 pagi. Al Baik di Madinah ternyata ada yang deket dengan masjid Nabawi lho... Tinggal kita cari pintu keluar yang terdekat dengan Al Baik tuh yang mana, klo salah pintu bisa - bisa lewat rute yang jauh. Makanya ga heran klo jamaah lain tuh pada naik taxi ke Al Baik, karena mereka ga tau pintu nabawi yang terdekat dengan Al Baik.
 
Jadiiii.... kalo mau ke Al Baik tuh keluarlah dari pintu 303, Patokannya adalah pintu 303 itu dekat dengan pemakaman Baqi. Susuri aja pintu keluarnya di area pelataran masjid Nabawi sampai ketemu pintu 303. Jangan keluar pelataran masjid dulu sebelum ketemu pintu 303 ya, biar lebih sedikit aja sih muterin masjidnya. Karena buat gw yang start dari pintu 333, menuju pintu 303 tuh ya ga bisa dibilang deket juga. Tapi sepanjang jalan disuguhi penampakan masjid Nabawi yang megah dan cantik, belum lagi kalau pas lagi momen menutup atau mengembangnya payung masjid Nabawi..auto terkesima deh.
Setelah ketemu pintu 303, kita bisa keluar deh menyusuri makam Baqi dan menyebrang ke pertokoan. Jalannya ga lama kok, tapi memang posisi Al Baik nya ditutupi sama pertokoan dan hotel - hotel daerah itu. Dan tepat di pinggir jalan besar ada outlet Al Baik yang cukup besar, bangunannya warna merah jadi bisa terlihat dari kejauhan. Karena masih jam 7an pagi suasananya masih sepi, hanya terlihat antrian 1 - 2 orang. Udah hepi banget doong....mau sarapan Al baik yakaan... Eeehhhh ga taunya, pelayannya bilang kalo menu ayam baru tersedia jam 9 pagi, kalo jam 7 baru sedia menu nugget dan burger. Wadidawww...gatot suratot deh, akhirnya kita balik hotel sarapan dulu, trus balik lagi ke Al Baik karena takut keburu ngantri panjang.
 

antrian di Al Baik jam 9 pagi, masih kondusif

Jam 9an kita udah sampe lagi di Al Baik (niat aja apa niat banget nih namanya..). Alhamdulillah menu ayamnya sudah tersedia. Jadi kita pilih paket yang isinya 4 ayam, kentang dan roti, harganya 9 Riyal saja. Ada pilihan mau ayam yang pedas atau tidak. Selain menu ayam ada menu udang juga disini tapi gw cuma beli paket ayam 2 box, dengan extra garlic sauce.  Disini ga ada dine - in ya, semua buat di take away. Karena kita udah kenyang sarapan di hotel jadi kita akhirnya nyicipin 1 ayam dan ngabisin kentangnya aja. Yang lainnya dibungkus lagi yang rapih buat oleh - oleh. Rasanya gimana..?? hmm, menurut gw ayamnya tuh gede - gede tapi kurang berbumbu gitu. Garlic saucenya pun asem dan menurut gw kurang aja gitu. Bayangan gw tuh yang rasanya berbumbu gitu loh.. Tapi kalo dari harga sih cukup terjangkau lah dengan porsi segede itu. Bisa yah orang Arab ngabisin 1 box yang isinya 4 ayam + kentang + roti sendirian. Gw sih makan 1 box itu buat sekeluarga, tapi masih nambah nasi dan gorengan. Hahaha.... Nextnya kalo ke Arab lagi mau coba spicy chicken sama menu udangnya, aaah.....
 
Alhamdulillah..yang harusnya shalat ashar di bandara (atau malah udah di atas pesawat), tapi ini dikasih bonus sama Allah untuk bisa sekali lagi shalat ashar berjamaah di masjid Nabawi. Bener - bener tuh itu momen yang gw nikmatin setiap detiknya.
Sebelum pulang,  gw puas - puasin minum air zam zam langsung dari dispenser masjid Nabawi. Duuh segerrr banget rasanya, padahal pasti dibawain air zam zam nih sama travel, tapi rasanya tetap beda. Dinginnya tuh ngebuat badan jadi seger dan bugar banget rasanya. 


Free Flow Air Zam Zam

Gw puas - puasin juga melihat ke sekeliling bagian dalam masjid Nabawi. Entah kenapa dada ini berasa ada yang nyesek, tapi gw pikir gak apa - apa. Lah, pas ketemu sama suami kok air mata ini auto keluar sih! huhuhu..
 
Suami gw kan bingung yah, sampe nanya, "Kenapa kamu? Sakit?? HP ilang??", haduuh...gw juga bingung sendiri kenapa gw begini. Suami baru ngerti saat gw bilang, "Kapan ya kita bisa kesini lagi..?? Huhuhu..", sambil tetep nangis sesenggukan. Gw juga ga nyangka bakal sesedih ini ninggalin Madinah, sebetulnya sedih juga pas ninggalin Mekkah tapi karena aira Madinah juga damai banget gw jadi langsung move on..
 
Di perjalanan pulang saat sudah di bis, bis kita berhenti sebentar karena di depan kita menyeberang para jamaah yang menuju masjid Nabawi untuk Shalat Ashar, aaah....jadi mellow lagi kan.. Pengennya sih bisa shalat Ashar juga di Nabawi, tapi Allah sudah ngasih gw bonus masih bisa shalat dzuhur disana, jadi gw kira cukup deh, semoga bisa secepatnya kembali lagi ke tanah Haram yang selalu dirindukan ini.
 
Sampai di bandara Madinah, ternyata pihak travel menyediakan makan siang berupa AlBaik. Alhamdulillah.... jadi bisa ngoleh-ngolehin Al Baik buat anak - anak nih.. kangen juga sama Alde Quin. Pesawat  take off menjelang isya, makanya kita shalat dulu maghrib dan isya dijamak di masjid bandara yang letaknya di luar bandara. Masjidnya lumayan luas dan relatif sepi ya. Enaknya pulang dari Madinah tuh gini nih... bandaranya memang ga sebesar bandara King Abdul Aziz, tapi tetap bagus dan relatif sepi.
 

Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz

Proses check in dan bagasi lumayan ngantri yah, soalnya tiap jamaah kan pasti dibekelin 1 galon air zam zam ya.. Jadi pesawat yang dari Arab pasti bagasinya penuh air zam-zam deh. Dan aturan terbarunya adalah, jamaah yang kurang dari 2 tahun tidak mendapat kuota air zam-zam yang 1 galon per jamaah. 
 
Setelah urusan bagasi selesai kita masuk gate aja dan menunggu masuk pesawat dengan makan Albaik.. hehehe..BEST! Ternyata ga boleh makannya itu di area luar gate, tau gitu makannya disini aja ya lebih santai dan menikmati.
 
Akhirnya pesawat siap dan kita diperbolehkan masuk, alhamdulillah...rangkaian umroh dari Mekkah sampai Madinah sudah dilewati dengan lancar. Dan yang bisa gw simpulkan dari perjalanan kali ini adalah, umroh tuh buka sekedar butuh biaya yang lumayan tapi juga butuh niat yang besar dan tenaga yang cukup. Selama disana gw banyak dapat curhatan penyesalan dari para jamaah  yang baru bisa ke Tanah Suci di umur mereka yang udah ga muda lagi,  padahal gw lihat mereka ini masih semangat banget lho.. Tapi kata mereka lagi, kalo mereka masih muda, pasti bisa lebih maksimal lagi ibadahnya. Makanya umroh lah selagi muda, saran gw sih...coba deh diseriusin nabung buat buka tabungan haji mulai dari sekarang. Kalo udah bisa daftar haji dan dapat nomor porsi baru deh nabung buat umroh. Kalo sudah niat dan juga berdoa yang sungguh - sungguh insyaAllah ada aja loh jalannya. Yang penting usaha aja dulu....

Comments

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

  18 Januari 2023   Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower.                                                Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!                                                                      Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum ( hotel kita selama di Mekkah) , ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).   Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read