Skip to main content

Umroh Day 6 : Hello Madinah... (Kaget banget suasana masjid Nabawi beda banget dengan Masjidil Haram)

23 Januari 2023


Sebelum subuh para jamaah perempuan diminta berkumpul di lobi karena akan langsung dibimbing oleh muthowwif untuk masuk raudhah. Ternyata muthowwifnya sudah berada di masjid Nabawi, akhirnya kita langsung saja ketemuan disana. Begitu ketemu kita langsung digiring untuk shalat subuh mendekati pintu raudhah, akhirnya kita shalat subuh dipelataran masjid Nabawi. Rombongan kecil kita nih ada yang membawa balita perempuan, alhamdulillah anak perempuan berusia 2 tahun itu ga rewel. 

 

Setelah shalat subuh, belum sempet dzikir udah disuruh ngantri aja untuk masuk raudhah. Emang harus sat-set ya kalo mau antri masuk raudhah. Bawaan jangan banyak-banyak, mukena mending ga usah bawa, shalatnya pake gamis panjang aja, minuman juga ga usah bawa banyak - banyak. Karena gw hanya rombongan kecil (3 wanita dan 1 batita), makanya muthowwif kita bisa nitipin kita ke rombongan lain. Yang penting adalah sebelumnya kita sudah didaftarkan oleh pembimbing kita lewat aplikasi (klo ga salah namanya aplikasi Nusyuk). Jadi nanti klo kita ga bawa bukti sudah daftar ke aplikasi itu, bakal dilarang masuk tuh sama askar-nya.

 

Barisan mengantri Raudhah untuk wanita


Perjuangan mengantri masuk raudhah ini butuh effort banget loh… yang pertama udah pasti daftar dulu di aplikasi, trus udah daftar pun harus ngantri dari subuh, udah ngantri pun ga boleh lepas dari grupnya karena buanyaaaak banget “penyusup”, jadi kita barisnya sambil pegang pundak orang di depan kita erat-erat, selain biar ga disempilin penyusup juga biar ga ada yang ketinggalan karena motion nya itu harus gercep, lengah dikit bisa - bisa ketinggalan grupnya jadi ga bisa masuk raudhah. 

Sempet nunggu sebentar karena menunggu jam pintu raudhah dibuka, dan gw terkesima sama langit madinah. Menuju jam 6 pagi kalo kita liat ke langit madinah tuh indaaaaah banget, gimana ga indah kalo warna langitnya tuh perpaduan warna biru muda-ungu-pink-salem. Belum pernah liat langit secantik ini deh gw. MasyaAllah Tabarakallah….. 

 

Gw dan rombongan kecil gw makin dioper ke rombongan lain yang lebih antri di depan. Dan karena kita bawa anak kecil kita dipersilahkan untuk masuk lebih dulu. Alhamdulillaaah…. kita langsung berlari masuk ke raudhah yang masih lumayan kosong itu. Ga tau kenapa dada ini langsung sesak dan air mata juga keluar secara ga sadar. Inikah yang namanya cinta walau belum pernah bertemu Nabi Muhammad SAW?? Wallahu’alaam…  Disebelah gw orang-orang udah mulai pecah tangisnya. Karena situasinya memungkinkan, gw shalat sunnah 2 rakaat dua kali. Saat selesai shalat pun masih ada waktu untuk berdoa, berdzikir dan bersholawat. MasyaAllah Tabarakallah… gw sangaaat menikmati setiap detiknya di raudhah. Dan saat raudhah sudah mulai ramai, akhirnya kita memberikan tempat kita shalat untuk jamaah lain yang baru datang. Saat melangkah keluar raudhah hati ini tambah sesak karena ga tau kapan lagi bisa sampai di raudhah lagi. Semoga yang membaca blog ini bisa ke raudhah, baik yang sudah pernah maupun yang belum. Aamiin YRA.

 

Mendadak syahdu banget di dalam Raudhah


Pintu keluar Raudhah untuk wanita 

jujur, ga rela banget keluar raudah karena sesingkat itu rasanya didalam


Setelah shalat dhuhur gw sudah berencana mau ke toko oleh - oleh yang harganya cuma 1 real. Penasaran juga karena sudah sering lihat di youtube dan instagram. Udah gitu ga jauh pula dari masjid Nabawi. Pokoknya tokonya tuh letaknya tinggal lurus dari pintu Nabawi no. 331, di ujung jalan tuh ada eskalator turun ke basement. Langsung deh di sebelah kanan kita banyak jajaran toko oleh - oleh. Ada yang harganya 1 real dan ada toko lain yang harganya 2 real. Pas masuk ke toko yang 1 real, barang-barangnya macem - macem siih… tapi ya yang harganya juga pantes buat dihargain 1 real. Dari yang bener - bener kecil kayak perhiasan imitasi, parfum mini, henna, celak, pulpen, mainan kecil - kecil, gantungan kunci, sajadah, gamis, kopiah, sorban, tasbih, lipstik arab, tas - tas kecil, pouch, hiasan dinding, dan masih segambreng pernah - pernik lainnya. Tapi akhirnya gw pilih beli di toko yang sebelahnya yaitu yang 2 Real, disini lumayan lebih premium barang dan macamnya. Sebenernya di toko - toko pinggir jalan juga jual barang - barang ini juga tapi harganya dijual 2x lipatnya. Jadinya ketemu toko ini tuh mayan banget kaan… Malah pas gw sampe Indo dan ngecek di shopee, barang yang sama persis dijual dengan harga hampir 10x lipatnya di shopee… Good deal banget kan..

 

Setelah shalat Ashar di masjid Nabawi, kita lanjutkan pencarian oleh - oleh murah ini. Kali ini kita jalan - jalan agak jauh dari sekitaran masjid Nabawi ke pasar yang dekat dengan masjid Bilal. Tapi sebenarnya jaraknya masih ga terlalu jauh kok, kita kesana aja jalan kaki santai. Setelah berkeliling dan melihat - lihat isi pasar, ternyata yang murah - murah disitu adalah baju - baju gamisnya. Tapi sayang banget karena pilihan warnanya ga banyak, kebanyakan warna hitam.

 

Emang untuk belanja menurutku lebih murah di Madinah sih daripada di Mekkah. Tapi di Madinah ga ada mal besar kayak Abraj di Mekkah ya.. Jadi saranku, untuk beli parfum dan coklat yang bermerk (rasanya enak-enak banget loh!) prefer beli di Abraj karena harganya di sale di Abraj, sedangkan untuk printilan lucu - lucu kayak gantungan kunci, magnet kulkas, tas-tas i love Mekkah - i love Madinah prefer beli di Madinah, di toko oleh-olehnya karena harganya cuma 1 - 3 Riyal. Happy shopping!!

Comments

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

  18 Januari 2023   Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower.                                                Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!                                                                      Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum ( hotel kita selama di Mekkah) , ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).   Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read