Skip to main content

Umroh Day 4 : Tadabur Alam di Jabal Rahmah

 21 Januari 2023

Hari ke 4 nih di Mekkah… MasyaAllah Tabarakallah… makin sayaaang sama kota ini. Makin lupaaa sama urusan dunia. Tiap hari yang dikejar cuma cepat - cepat biar bisa shalat di pelataran Ka’bah. Karena mumpung di Mekkah…puas - puasin bisa shalat di depan Ka’bah. Walaupun katanya bulan Januari ini masih musim dingin, tapi suhunya ya ga bikin pengen pake jaket juga sih… cuma ga keringetan aja jadi masih nyaman.

 

Ada cerita lucu nih, pas lagi sarapan di hotel.  Suami menghampiri gw dan cerita kalo dia diusir dari tempat makan hotel yang section Asia, itu karena petugas hotelnya udah beberapa hari ini memantau suami gw kayaknya bukan orang Asia jadi disuruh antri di tempat makan yang sectrion bule (gw lupa namanya apa). Seketika gw langsung ngakak…. gw ga habis pikir, padahal suami gw doyannya makan harus pake kerupuk, pake kecap, pake sambel, bule mana ada yang demen makanan begituan..??? ada - ada aja nih si mas anjum. Hahaha… Trus, besokannya juga gitu tuh, pas suami masuk ke resto hotelnya langsung diliatin sama penjaga restonya, suami gw pun langsung berkata “I’m Indonesian”. Wkwkwk…. ini efek abis tahalul kayaknya, suami gw makin disangka orang Timur Tengah. Sampe kalo lagi naik lift atau lagi belanja, pasti doi langsung diajak ngomong Arab tuh sama orang lokal sana. 

 

Oke..lanjut ya cerita umrohnya, setelah sarapan pihak travel sudah menyiapkan tour ke kota Mekkah. Dan saat sudah masuk bus yang disediakan, ternyata peserta tournya cuma gw dan suami aja doong… Itu bus bisa muat sampe 100 orang, cuma dinaikin 4 orang gimana rasanya coba??? Hahah…



Umroh nya Privat banget ini kah..?? Hehe.. Alhamdulillah...


Perjalanan pun dimulai… pagi itu cuaca cerah dan jalanan di kota Mekkah yang berlawanan arah dengan kami macet parah. Hmm, di Mekkah juga macet ya… Kalo diamati ya..mobil di Arab itu kalo ga penyok - penyok ya berdebu, kayaknya yang mulus-kinclong cuma mobil baru yang masih di showroom. Seriusan deh, nyetirnya tuh pada ugal-ugalan, bus kita aja ga segan - segan lho nabrak ranting pohon sampe suara gesekan dengan badan bus nya tuh keras banget. Tsk!

 

Pemberhentian pertama kita adalah Jabal Rahmah. Tempat ini merupakan salah satu tempat jamaah haji, karena ini bukan musim haji jadi keliatannya jadi luas banget. Pembimbing kita langsung mewanti - wanti kita kalau cerita Jabal Rahmah yang selama ini dikisahkan sebagai tempat bertemunya Adam dan Hawa di bumi setelah diturunkan dari surga tuh belum tentu benar. Jadi sebenarnya Jabal Rahmah tuh  hanya sebuah bukit biasa yang tidak terlalu tinggi. Pembimbing kita pun men-challenge kita untuk naik ke puncaknya. Sebagai fans rebahan garis keras, tadinya gw liatnya aja udah males ya…  mana gw lagi pake gamis dan sandal jepit, liat bukit yang 95%nya terdiri dari batu - batu terjal kayak gitu bikin pengen nunggu aja dibawah. Tapi setelah liat rombongan kakek - nenek dari Rusia yang berhasil sampai puncak dan bersemangat sekali, kok gw merasa tertampar dan termotivasi ya.. Haahaha.. ga mau kalah akumah..

 



Hello from Jabal Rahmah



Akhirnya dengan tenaga dari sarapan di hotel yang segabruk-gabruk itu gw berhasil juga sampai puncak. Pemandangan di puncak bukit bagus banget… yang bikin malu, ada sebuah tugu disitu, tapi sudah penuh coretan..dan kebanyakan yang corat-coret disitu pake bahasa Indonesia. Duh…era aing!! (malu saya!!!, red) Turun dari bukitnya lebih gampang karena pake tangga di balik bukit. Gw sempet protes ke pembimbing, kenapa ga bilang kalo ada tangga kayak gini?? Disambut cengiran pak ustadz dan gw dengan sukses diceramahi.. wkwkw. Sampai lagi di bawah Jabal Rahmah, kita jajan es krim!! Yeaaayyyy…..

 


Look so tempting, right..???


Perjalanan dilanjutkan dengan melewati Jabal Uhud yang sangat besar dan panjang, kebayang ya saat perang Uhud tuh perjuangan Rasulullah dan pengikutnya itu kayak gimana, medannya aja berbatu dan tandus begitu. Yang menarik kita sempat melewati tempat dimana Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT menyembelih Nabi Ismail. Tempatnya kecil dan berada di tengah - tengah bukit. Lalu kita melewati tempat tenda - tenda haji dan terowongan Mina. Duuh, semoga masih dikasih umur untuk melakukan ibadah Haji ya… Aamiin YRA… Alhamdulillah sampai hotel lagi dan masih bisa shalat dhuhur dan ashar di masjidil haram.

 

Setelah shalat ashar kita melanjutkan aktifitas yang sempat tertunda kemarin, apa hayooo…??? Tidak lain dan tidak bukan adalah BELANJA di Abraj. Wkwkwk… Karena sudah survey sebelumnya, makanya kita udah tau apa- apa saja yang mau dibeli di Abraj. The infamous roti 7 Days di Abraj udah paketan yang bonus 1 pcs, kalo di Bin Dawood roti 7 Days dijualnya per pcs, harganya sama. Trus beli coklat yang setelah dicicip rasanya uenakkk banget merknya lupa euyy… Ga k lupa juga kita beli parfum yang lagi diskon dan beli 2 gratis 1, botolnya keren - keren loh.. dan wanginya juga ga yang arab - arab banget. Jadi oke bangetlah dan kalo mau dijadikan oleh - oleh. Lumayan sih, belanja di Abraj nya lumayan banyak dan berat karena beli parfum 6 botol, isi 100 ml. Langsung deh taro di hotel supaya bisa shalat Maghrib dengan leluasa.

 

Kemarin kita sempet juga masuk Bin Dawood karena mau beli pasta gigi. Soalnya nyari pasta gigi di Abraj kok harganya yang ukuran kecil aja kalo di kurs harganya 50 ribu rupiah. Whoaaa…. kalo di Bin Dawood masih dapetlah yang harga di bawah 20ribu rupiah yang ukuran travel size. Cuma Bin Dawood ini penataan barangnya lebih berantakan ya dibanding Abraj, dan tempatnya lebih sempit. Memang lebih nyaman belanja di Abraj sih..harga pun kalo sudah survey sebelumnya jadi tau kalo di Abraj juga banyak yang lebih murah. Emang ga salah nih punya pembimbing yang demen belanja!! Wkwkwkw… Thanks rekomendasinya pak ustadz..

 

Kita juga sempat ke Mal Jabal Omar yang letaknya ada di belakang Zam Zam Tower, tujuannya cuma satu : makan ayam Al Baik. Letaknya di food court lantai atas dan restonya paling luas. Ga susah nyarinya, karena warnanya dominan merah dan yang paling rame, antriannya aja udah kayak lagi antri BLT. Untungnya sebelum antri gw liat - liat menu dulu..karena ternyata resto Al Baik di Mekkah hanya menyediakan menu nugget dan udang, ayam krispinya ga ada doong..!! Ya sudah kita batal deh makan Al Baik. Nanti deh…di Madinah harus coba..!!! 

Comments

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

  18 Januari 2023   Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower.                                                Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!                                                                      Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum ( hotel kita selama di Mekkah) , ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).   Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read