Skip to main content

Umroh Day 2 : All Day Long in Masjidil Haraam (All Day All Night Drink Zam Zam, Belanja di Abraj Sekejap)

19 Januari 2023

Seperti yang sudah direncanakan malamnya, dini hari jam 2 gw dan suami bangun untuk shalat qiyamul lail di masjidil haram. Walaupun kayaknya tidurnya baru merem sedetik begitu melek udah jam 2 pagi aja. Tapi karena semangat mumpung dekat dengan masjid yang pahala shalatnya 100.000 x dibanding shalat di masjid lain, jadi begitu melek ya dibuang jauh - jauh tuh rasa magernya.

Sampai di masjidil haram, gw takjub banget deh… di sepanjang jalan menuju masjid sampai ke dalam masjidnya, suasananya masih rame sama jamaah. Malah ada yang baru mau mulai umroh sambil membawa bendera dari travel masing - masing. Sama sekali tidak menampakkan kalau waktu itu jam 2 pagi. Dan karena suami sudah tidak memakai baju ihrom maka tidak boleh masuk lewat pintu 79. Padahal pintu ini adalah salah satu pintu yang menuju area mathaf. Memang di aturan yang terbaru, jamaah pria yang tidak memakai pakaian umroh dilarang memasuki area mathaf. Mungkin tujuannya supaya di area mathaf tidak terlalu padat. 

 


Masjidil Haram pintu no 79

Beautiful in the night  


Akhirnya suami masuk melalui pintu lain dan gw sendiri yang masuk lewat pintu 79. Yup, sendirian deh… Tinggal ikutin arus jamaah lain, pas ketemu kabah langsung cari area mathaf. Ternyata jam 2 pagi pun area mathaf masih dipenuhi jamaah. Yang masih thawaf dan sai juga banyak, walaupun ga sebanyak waktu gw umroh sore kemarin. Memang the real City That NEVER SLEEP harusnya ya kota Mekkah.. bukan yang onoh.. Setelah shalat sunnah, dzikir dan mengaji beberapa lembar mulai tuh kantuk menyerang, mata kriyep-kriyep. Dalam hati gw pun terlintas , “Ya Allah..ngantuk ya Allah… baru tidur sebentar  ya Allah… kemarin tidurnya di pesawat pula. Huhuhu… pengen ke kasurrrr….”

And you know whaaat, gw cerita kenyataan yang terjadi yaaa….no tipu-tipu..

Tiba - tiba ada jamaah wanita lewat di depan gw, dia menginjak sajadah gw, kedua tangannya memegang gelas berisi air zam zam, daaaaannn…….. ITU GELAS JATUH KE MUKA GUWE DOOONG…!!!! Seketika ngantuk gw langsung ilang, gw liat sampai buku dzikir yang sedang gw pegang aja basah karena dibanjur sama si bule wanita itu. Gw langsung berucap istighfar sambil memohon ampun kepada Allah karena sempat mengeluh ingin tidur aja daripada beribadah disini.  Si bule pun hanya mengucap Sorry sambil lewat begitu saja. Gw langsung sesak nafas karena ingat pikiran gw sebelumnya, tak sadar mata gw pun berkaca - kaca. Di pikiran gw cuma kejadian ini tuh semacam cara Allah menghilangkan kantuk gw. Untungnya muka gw kan memang basah terkena siraman rohani itu jadi pas air matanya jatuh pun ga terlalu keliatan kalo gw nangis. Tiba - tiba bule wanita yang menyiram gw tadi menghampiri gw lagi sembari menyodorkan beberapa lembar tisu. Ekspresi wajahnya tetap ga ada rasa penyesalan tapi loh… Gw menerima tisu itu sambil menahan tangis. Setelah wanita itu pergi, nangisnya lanjut lagii.. hahaha… Emang udah kayak cerita orang - orang sih… Jangan asal ngomong pas di tanah suci, karena langsung dikasih peringatan oleh Allah SWT. Ya Allah…. masih terkenang aja kejadian itu sampai sekarang. Semoga ini bisa jadi pengingat gw sampe kapanpun kalo lagi malas beribadah. Mau di ulti lagi sama Allah... ?? Subhanallah....

 

Dan saat azan Subuh berkumandang, semua aktivitas umroh berhenti sejenak, yang thawaf dan sa’I berhenti dulu. Damaaaai banget denger adzan Subuh, posisi kita berhadapan dengan Kabah pula.. Bener2 moment of truth banget deh. Untuk seseorang yang jarang bangun pas adzan Subuh (iya, ini gw si (not) morning person) kejadian kayak gini tuh ga bakal sering - sering dialami sih…

 

Sempet juga ikut thawaf bersama rombongan yang lagi melakukan rukun umroh, soalnya masih penasaran sama Hajar Aswad dan Hijr Ismail. Tapi makin ke tengah, makin mendekati Kabah makin susah jalannya. Makin sesak aja sampai ga bisa nafas. Yasudahlah..mungkin hari ini belum waktunya gw bisa mencium Hajar Aswad dan shalat di Hijr Ismail #tetapoptimis


Selesai shalat subuh dilanjutkan dengan dzikir pagi dan mengaji sampai tiba waktu syuruq. Selesai mengaji gw habiskan dengan melihat - lihat sekeliling. Yang paling berkesan adalah pas ada 3 nenek bule Uzbekistan di depan gw, yang satu lagi belajar ngaji pake surat An Naas, bule lainnya mengkoreksi bacaannya. Coba…kapan lagi diajarin ngaji di depan Kabah kan.. 

 

Yang paling unik tuh ngeliatin para petugas kebersihan masjidil haram menjalankan aksinya. Pertama, mereka bakal “mengusir” jamaah di tempat yang mereka ingin bersihkan, trus setelah area itu steril dari jamaah mereka pasang pembatas dan langsung sat-set deh membersihkan lantai di area itu. Ngeliat pas mereka ngusirin jamaah tuh kayak lagi ngusir lalat, hahaha…tega benerr… Tapi salut sih sama petugas kebersihan masjidil haram, areanya kan luas bgt ya.. trus ga pernah sepi apalagi kosong (kecuali pas musim covid tuh) jadi ya ga bakal bisa sebersih ini kalo ga ada mereka. Laff deh.. semoga dibalas oleh Allah karena denger - denger gaji mereka ga gede loh tapi mereka masih bisa bilang ini the Best Job in the World. Salut!!

 


Ini mereka lagi siap - siap beraksi niiih....


Karena keasyikan nontonin aksi para petugas kebersihan masjidil haram, gw jadi lupa kalo udah janjian sama suami jam 7 pagi di depan apotek di kawasan pertokoan dekat zam zam tower. Langsung deh buru - buru, dan karena sok ngide cari jalan lain yang “kelihatannya” lebih singkat buat keluar masjidil haram, eh lha kok malah nyasar sampai belakang kawasan sa’I.. Duh akhirnya baru bisa ketemu paksu hampir jam setengah 8, dan disambut dengan kata - kata “pasti kelamaan foto-foto yah..”. Dan akupun hanya tersenyum lebarrr.. Hahaaa…


Karena saat pergi untuk shalat malam tadi kita cuma makan kurma dan air zam - zam buat ganjel perut doang. Jadinya pas sarapan di hotel ini kita kalap banget. Alhamdulillah di hotel Anjum ini disediakan sarapan secara buffet dengan menu yang Indonesia bangeet…. Lengkap deh, ada menu nasi atau bubur, lauknya ada berbagai macem sampe ke kerupuk dan sambel kecap juga ada. Tinggal gorengan sih yang belum ada, hehe… 

 

Selesai sarapan biasa deeeh..ngantuk melanda, karena kenyang dan karena tidur malamnya belum puass.. Dan kebangun jam 10an langsung deh mandi dan shalat dhuha. Dan karena belajar dari pengalaman kemarin, kali ini kita mau shalat dhuhur nya ga mepet banget perginya supaya bisa masih bisa leluasa milih tempatnya. Say bye - bye lagi sama kasur deh… hihihiii…. Ibadah - ibadah - ibadah deh pokonya!!

 


Markisol!! Mari Kita Solat di Masjidil Haram

Semangatttt!!!


Bener kan.. nyampe masjidil haram, pintu - pintu belum pada ditutup, jadi kita bisa lebih masuk ke masjidnya. Walaupun kepisah juga sama suami tapi ya gak apalah.. pas shalat juga sendiri - sendiri.

Selesai shalat dhuhur kita balik lagi ke hotel untuk makan siang. Menu lunch sepertinya lebih beragam kalau siang, nasinya pun ada 2 pilihan, bisa nasi putih atau nasi briyani. Ditambah kayak pudding dan roti-rotian, buah - buahan juga ada. Asal jangan terlalu makan yang manis - manis dan dingin sama jangan terlalu over makan gorengan ya... Karena kondisi badan kita tuh kan ga cukup istirahat ya, jadi perlu asupan gizi yang bener, jadi makanan yang berminyak, pedas dan minuman yang manis dan dingin gampang banget bikin kita radang. Kalo mau minuman dingin, gw sih cukup "Cold Zam Zam"aja.... itu udah yang paling BADABESSSSSTTTTTT...!!!! Alhamdulillah..selama disana gw ga pernah radang atau batuk - pilek, padahal minumnya pasti air zamzam yang dingin, sampe minuman botolan dari hotel ga ada yang keminum. Mumpung bisa minum air zam zam all day all night yee kaaannn....

 

Dan saat selesai shalat Ashar di masjidil haram, ustadz kita ngajak ke Abraj Hypermarket. Ternyata lokasinya deket banget sama masjidil haram, ada didalam gedung Zam Zam Tower. Dan ternyata.. selepas shalat ashar itu adalah salah satu peak hour para jamaah untuk nge-mall. Ruamenyaaa…… udah kayak di Kokas atau PIM, tapi mal yang ini dipenuhi laki - laki bergamis atau ber-ihram dan wanita bercadar dan bergamis. Lucu sih liatnya, biasanya kan di mall tuh salah satu tempat yang baju-baju wanitanya kurang bahan atau belum selesai dijahit yak! Hahaha… Kita sampai di lantai 4 dan begitu keluar langsung terpampang plang “Abraj Hypermarket”.



Selamat berbelanja kakaaaakk....

 

Vibes nya sih kayak Lulu gitu ya..mungkin karena sesama hypermarket dari Timur Tengah kali ya.. Tempatnya rapih, bersih, adem dan lengkappp kap kap banget deh. Dari makanan, minuman, buah-buahan, daging, kurma, baju, perlengkapan shalat, elektronik sampai parfum! Semua tertata rapih dan bersih.

 

Ustadz langsung menuju ke tempat parfum, rupanya lagi ada sale disitu. Gw dan suami mah ngikut yang udah sering banget bolak-balik umroh. Lupa deh harganya berapa, yang pasti murmer abis, parfumnya juga wanginya ga yang ke arab-araban semua baunya. Lumayan banget lah buat dijadiin oleh-oleh. Paksuami udah milih-milih tuh mana aja yang mau dibeli. Pas milih coklat juga gitu, karena segala merk ada, jadi udah kalap aja milih-milihnya. Bahkan ada merk Milka juga yang dulu dapet oleh-oleh dari Eropa aja kita bingung ini udah halal apa belum karena ga ada logo halalnya. Akhirnya (dulu) kita nekat cobain dan rasanya enaaaakk.. huhu.. Ampun ya Allah..

Dan di Abraj, insyaAllah barang yang masuk kota Mekkah dijamin kehalalannya. Jadi kan kalapnya ga pake nyari-nyari logo halal lagi… Huahahah…. puass banget deh, coklat macem Kinder Bueno, Trix, KitKat, pokonya yang kita liat di The Cocoa Trees nya bandara Changi kebanyakan ada juga di Abraj. Mantep kan..

 

Tapi begitu liat troli belanjaan kita jadi bingung sendiri gimana bawanya karena kita mau langsung shalat Maghrib di masjidil Haram. Kalo mau balik dulu ke hotel bakal terburu-buru banget karena waktunya juga udah mepet mau adzan. Yasudahlah kita putuskan untuk menunda shopping karena bakal dicegat askar kalo bawa gembolan belanjaan masuk ke masjid. Hehe..

 

Comments

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

  18 Januari 2023   Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower.                                                Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!                                                                      Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum ( hotel kita selama di Mekkah) , ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).   Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read