Skip to main content

Umroh Day 3 : Jumuah Mubarak... Shalat di Hijr Ismail, Ikut Shalat Jumát, ke Museum Wahyu daaaan Makan Siang Bakso !!!

 20 Januari 2023

Seperti biasa… jam 2 malam kita bangun untuk qiyamul lail. Kali ini persiapannya lebih matang karena kemarin ibadahnya kurang fokus karena perut brisik banget keroncongan. Kali ini gw ga lupa bawa biskuit dan kurma untuk nyumpel biar perut ga berisik pas ibadah.


Keluar dari hotel, suasana jalanan menuju masjidil haram lebih ramai dari biasanya. Sama sekali ga kayak jam 2 pagi.. Klo dipikir-pikir lagi, yang sebenarnya dapat julukan City That Never Sleep tuh harusnya Mekkah ya… Mau jam berapa aja pasti sekitar Ka’bah rame terus. Masuk ke area Mathaf tambah kaya lautan manusia aja tuh.. Ternyata denger dari jamaah lain, Masjidil Haram jadi lebih rame karena  hari ini hari Jum’at, hari liburnya negara muslim. 

 


tidak tampak seperti jam 2 pagi kan..??

SERAME ITU JALANANNYA LOOH...


Setelah shalat tahiyatul masjid, shalat tahajud dan shalat sunnah lainnya tiba - tiba niat mencium Hajar Aswad dan shalat di Hijr Ismail semakin kuat. Padahal kan hari ini hari Jumat ya..yang lebih rame dari biasanya. Tapi kayak ada dorongan yang kuat gitu, semangat banget ngiterin Ka’bah nya juga.

Sempat berhenti di tempat orang mengantri untuk mencium Hajar Aswad, tapi karena antrian untuk pria dan wanita digabung, jadi gw skip dan memilih untuk menuju ke tempat Hijr Ismail. 

 

Sampai di Hijr Ismail, antrian juga ga kalah rame dari kerumunan di Hajar Aswad. Tapi antrian untuk shalat di Hijr Ismail dipisah antara laki - laki dan perempuan. Saat lagi bingung gimana caranya masuk antrian, tiba - tiba gw yang berdiri sebelah antrian ngeliat ada orang yang didalam antrian itu keluar dan tempatnya kosong. Waah..alhamdulillah, akhirnya gw bisa masuk kedalam antrian. Perjuangan belum berakhir ya, sudah diantrian pun masih aja ada yang suka menyusup, bikin antriannya makin rapat dan sesak. Kalo ga pegangan ke tembok Hijr Ismail mugnkin gw udah kepental keluar antrian.

Dan akhirnyaaa…saatnya gw masuk ke Hijr Ismail tuh udah kayak hanyut di laut aja rasanya. Bener - bener badan kebawa sama arus orang. Dan setelah masuk Hijr Ismail apa yang terjadi hayoo…. GW GA BISA SHALAT!!! seriusan, gw celingak - celinguk liat spot yang kira - kira bisa cukup untuk ruku kok ga ada lagi? Apalagi untuk sujud…itu lebih mustahil lagi. Malah ibu - ibu disamping gw ada yang kepalanya didudukin sama jamaah lain saat dia sujud. Sampe ibu itu marah loh…dan berujung dengan menabok pantat ibu-ibu didepannya yang ngedudukin kepala saat sujud. Ya Allah gw hampir aja ketawa ngeliat itu, mau ngakak takut dosa.. akhirnya cuma bisa nahan ketawa aja sambil berdoa supaya masih bisa dikasih kesempatan untuk shalat disitu. Alhamdulillah…Allah ngasih kesempatan gw shalat 2 rakaat disitu, abis itu gw berdiri, ngasih kesempatan jamaah lain untuk shalat sunnah dan mendekati Ka’bah, menghirup wanginya kain kiswah lalu mencium Ka’bah dengan rasa haru. Ya Allah… di hari Jumat yang mulia ini, yang kata orang malah lebih rame dan padat dari hari biasanya malah dikasih kemudahan untuk shalat di tempat yang diidam-idamkan semua jamaah.

 


ga nyangka banget bisa shalat di Hijr Ismail

bonus bisa cium Ka'bah se-intim ini


Dulu pas liat penawaran - penawaran paket umroh menyertakan 2 hari jum’at tuh kok membuat gw berfikir, kayaknya menjual banget ya hari Jum’at?!?  Apa istimewanya sih…?? Tapi setelah gw merasakan sendiri hari Jumat di Mekkah kok ngangenin banget yaa…. Salah satu keistimewaan yang gw rasakan sih, gw bisa ngerasain shalat Jumat di masjidil Haram. Jadi menurut hadist yang sahih, wanita boleh melakukan shalat Jumat di masjidil haram dan Nabawi, dan tidak usah lagi melaksanakan shalat Dzuhur.

 

Dan pas keluar dari hotel menuju masjidil haram tuh jalanan penuh sama jamaah yang mau shalat Jum’at. Saking penuhnya itu yang super duper penuh..kita sampai diarahkan untuk shalat di area perluasan masjidil haram yang baru. Waah jadi pengalaman baru lagi nih, karena biasanya sejauh - jauhnya shalat di masjidil Haram seenggaknya tetap bisa lihat Ka’bah. Kalo yang area perluasan ini, kita ga bisa lihat Ka’bah tapi interiornya megah banget. Saat khutbah shalat Jum’at pun kita bisa mendengar versi bahasa Inggrisnya lewat radio. Keren kaan… Selesai shalat jumat, antrian keluar masjid sampai jalanan depan hotel tuh kayak lautan manusia, macett sampe ga bisa gerak. Yang biasanya jalanan sebagian besar dikuasai oleh kendaraan bermotor, kali ini kebalik… jalanan dikuasai oleh para jamaah. Macettt sampe jalan kaki pun ga bisa. Kendaraan yang lewat pun paling hanya bus saja. MasyaAllah tabarakallah ya…. segitunya apresiasi mereka sama shalat Jumat ya…

 

Pulang shalat Jumat, alhamdulillah... ada rejeki menanti di restoran hotel, karena kali ini menu makan siangnya spesial!!! Kenapa spesial?? karena salah satu menu hari itu adalah baso. Waaah…. berasa nemu harta karun deh, karena yang kyk udah lama banget ga ketemu baso. Basonya gede - gede pula! Memang sih ga dilengkapi dengan mie dan pelengkap yang lain. Tapi setelah dicicip, baso dan kuahnya ENAKK BUANGETT LOH… (maaf, capslok jeboll.. hahaha)



Alhamdulillah... Jumuah Barakah

Lagi kangen-kangennya malah dihidangkan pas makan siang


Karena sudah kenyang makan nasi tapi masih belum puas makan basonya, jadi kita cari kotak makan untuk bungkus pentol basonya. Emak - emak banget yak, ga mau rugi!! Hihi… Jadi di hotel Anjum tuh memang disediakan wadah untuk bungkus makanan ke kamar hotel. Tapi biasanya gw ga pernah bungkus karena wadah ini diperuntukan untuk orang yang sakit. Tapi khususon menunya baso, jadi ga rela kalo cuma makan sekali, sekangen itu dong sama baso.. Pentol baso itu bakal kita simpan di kulkas hotel. Soalnya klo beli baso di Mekkah lumayam juga harganya. Mana basonya juga enak banget!! Nyamm…


Dan setelah beristirahat dan makan siang rombongan umroh gw diajak ke suatu museum yang masih baru nih. Tiketnya pun masih gratis. Kita menyewa 1 mobil Hi Ace untuk menuju kesana. Di sepanjang perjalanan hampir ga ada aktifitas manusia deh. Mekkah seperti kota mati di Jumat siang. Bener - bener hari libur nasional nih..sampe toko-toko pun tutup di pagi sampai sore hari.

Akhirnya kita sampai juga di museum Wahyu, museum ini tepat di kaki gunung Jabal Nur. Indah banget pemandangan di sekitar museum.  Saat itu museumnya malah masih tutup, again and again karena ini hari Jum’at jadi museumnya baru buka sore hari. Kita sempatkan shalat Ashar dulu disana sambil menunggu museumnya buka.

 


Museum Wahyu with jabal Nur as a background

Magnificent!!! Allahu Akbar


Selesai shalat Ashar mulai tampak antrian rombongan orang yang mau masuk museum. Museumnya masih saja belum buka, tapi ustadz kami menjelaskan bahwa untuk masuk kesini harus daftar dulu, jadi ga bisa langsung on the spot. Setelah menunggu sekitar 30 menit, akhirnya pintu museum dibuka, itupun kita masih menunggu pemandu museumnya karena untu8k rombongan dari Indonesia disediakan pemandu yang berbahasa Indonesia juga.

 

Pertama-tama kita diarahkan ke lorong yang didesain seperti lorong di dalam gua, ada layar besar dan mulailah kita diceritakan tentang kisah para Nabi dan Rasul. Yang pertama diceritakan adalah Nabi Adam, The First Men. Lalu kita diarahkan ke lorong yang selanjutnya dan disitu ada layar besar bercerita tentang Nabi Nuh. Selanjutnya ada Nabi Ibrahim, dan Nabi Isa. Akhirnya sampai di ruangan seperti auditorium, ditengahnya ada miniatur kota Mekah lengkap dengan dataran rendah dan pegunungannya. Kalo yang di lorong yang didesain seperti gua saja gw udah berdecak kagum, saat masuk ruangan besar mirip auditorium ini gw bener-bener speechless loh.. Miniaturnya dibuat kerennya kebangetan… karena dilengkapi lampu dan audio yang keren banget. Nonton perang antara pasukan Gajah dan burung ababil jadi berasa nyata banget. Yang lebih wo lagi, ada replika Gua Hira yang jadi tempat menyendiri Rasulullah dan akhirnya turun wahyu pertama disitu. Replikanya itu dibuat semirip mungkin lho, sampai ukurannya pun sama persis. Gw pun sempat mencoba seberapa besar Gua Hira itu, dan ternyata untuk ukuran badan gw aja bisa dibilang sangat sempit, apalagi badan Rasululllah ya…. Subhanallah….

 

Diakhir tur kita memasuki ruang merchandise store untuk apalagi kalo bukan belanjaaa… hehehe.. Tapi karena gw dan suami sudah bertekad untuk tidak belanja jadi ya cuma liat - liat saja. Info aja nih, sajadah Raudhah yang dijual di museum Wahyu harga dan kualitasnya oke banget lho… Dan asli pastinya!! #pritangeracun

 


Di luar museum aja udah dibuat penasaran karena trailer-trailer yang diputer di layarnya


Keluar museum sudah mau mendekati waktu Maghrib, kita shalat dulu deh di musholanya. Tadinya mau lanjut ke daerah yang jual coklat - coklat premium. Tapi karena arahnya sangat berlawanan dengan masjidil haram, jadinya batal karena sudah malam juga. Gw sih seneng - seneng aja ya..karena emang ga begitu suka coklat dan emang lagi ga pengen belanja. Dan yang lebih senengnya lagi, begitu sampe hotel masih bisa ikutan shalat Isya berjamaah di masjidil haram. Yeaaayyyy!!! Senaaaaang…… pokonya selama di Mekkah kayaknya ada yang kurang gitu klo shalat fardu nya ga di Masjidil Haram.

Dan selama di perjalanan pulang, yang tadinya kota Mekkah itu kayak kota mati di siang hari, malamnya jadi semarak tuh pertokoan yang tadinya tutup semua, jalanan juga dipenuhi banyak mobil. Pokonya jadi beda banget suasananya deh saat malam hari, bener - bener sengaruh itu ya hari Jumat untuk penduduk Mekkah dan (mungkin)negara Islam lainnya.

 


Kalian HARUS kesini ya kalo ke Mekkah. Pokonya HARUSSS

Tuh aku spill operational hours nya yaaah 


Daan... pas tidur malem pun masih amazed aja sama kecanggihan museum Wahyu. Terlalu baguss....!!! Pengen deh kesana lagi sebelum pulang, tapi kayaknya ga bisa karena harus daftar dulu di website mereka, trus juga harus rombongan ga bisa personal. Yah...semoga suatu saat ke Mekkah lagi bisa mengunjungi museum Wahyu lagi, dan semoga semakin banyak museum - museum keren lainnya di Mekkah yang gratis juga.. Hehehe.... Tapi seandainya masih ada waktu juga pengen banget loh ke museum yang berbayar lainnya, pasti keren - keren juga.

Comments

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

  18 Januari 2023   Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower.                                                Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!                                                                      Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum ( hotel kita selama di Mekkah) , ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).   Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read