Skip to main content

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

 

18 Januari 2023

 

Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower. 



                                              Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!
                                                                    

Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum (hotel kita selama di Mekkah), ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).

 

Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check in. Akhirnya kita segrup sepakat memilih berangkat shalat dzuhur di Masjidil Haram disambung dengan melakukan umroh. Waaah…gw sendiri sudah sangat menantikan momen ini. Badan juga belum bau - bau amat yak, padahal terakhir mandi tuh kemarin sore. Trus kan kita emang dilarang buat memakai wewangian selama umroh ya.. biar ga kena dam/denda. Jadi bismillah semoga aroma nih badan masih kondusif sampe selesai umroh nanti. Hahaha… 

 

Kira - kira jam 11 siang kita keluar dari Hotel Anjum menuju ke masjidil Haram jaraknya sekitar 300 meter. Di jam segitu kan matahari lagi menuju puncak banget tuh kan.. Silaunya ga kuat deh, sinar matahari terpantul di dinding masjidil haram yang didominasi warna putih, sampe ga tahan mata gw pun sampe merem saking silaunya. Gw liat2 ke sekeliling kok jamaah dari grup gw aja (alias orang Indonesia aja) yang pake sunnies (kacamata item). Padahal kalo ga pake sunnies, gw tuh merasa serba salah, melek kesilauan - merem ga bisa liat. Dahlah pake aja daripada mata pedes, orang - orang Arab kayaknya matanya sudah berevolusi untuk bisa menangkap pantulan/pancaran sinar matahari lebih banyak #analisasotoy

 

Sampai di masjidil haram, jalanan sudah banyak yang ditutup, kita harus mencari pintu yang masih terbuka. Itu karena waktu dzuhur sudah dekat jadi akses  area mathaf sudah padat. Maka dari itu jangan lupa bawa plastik atau tas khusus untuk menyimpan sepatu ya… Biar kita ga kebingungan cari tadi naro sandal dimana, karena bisa jadi kita masuk dan keluar dari pintu yang berbeda. Dan akhirnya tepat sebelum shalat Dzuhur dimulai kita sudah dapat tempat untuk shalat.  Akhirnya alhamdulillah kejadian juga bisa shalat di Masjidil Haram, yang menurut hadist Nabi Muhammad SAW pahalanya 100.000x dibanding shalat di masjid lain. MasyaAllah…Tabarakallah…

 

Selesai shalat dzuhur, bismillah dimulailah ibadah umroh kita. Saat berjalan menuju pelataran Ka’bah untuk melakukan thawaf, gw terkesima banget sama bangunan kotak yang biasanya hanya gw lihat di sajadah. Ternyata Ka’bah itu ga gitu gede ya… dan memang bentuknya ya hanya kotak dibalut kain aja gitu.. Kalo ada yang menganggap Ka’bah itu semacam berhala yang umat muslim sembah, menurut gw yah mungkin Ka’bah ada berhala yang paling tidak menarik bentuknya untuk disembah. Bener ga?? biasanya kan berhala itu patung atau batu atau kayu yang dipahat dan diukir dengan indah. Faktanya, umat muslim menghadap Ka’bah saat shalat juga karena perintah Allah SWT.  Nothing more… Para askar (tentara Arab) yang menjaga Ka’bah pun selalu mengawasi kalau - kalau ada jamaah yang melakukan perbuatan yang syirik, kalau cium - cium Ka’bah sesekali aja sih gpp ya.. tapi ada yang sampe nempel lama banget atau lebih parahnya niat banget bawa gunting untuk memotong kain penutup Ka’bah (kiswah) untuk dijadikan jimat atau sebangsanya. Biasanya langsung tuh diamankan sama para askar yang galak-galak itu.

 


                                                              Jangan tanya rasanya kayak apa....
                                                 Kayak mimpi banget bisa cium Ka'bah.. MasyaAllah Tabarakallah..

Kita bertujuh (bersama si batita) thawaf dengan mengitari Ka’bah sebanyak 7x berlawanan arah jarum jam. Waktu itu cukup terik yah mataharinya, tapi karena Arab sedang musing dingin jadi ga sampe keluar keringat. Selesai thawaf kita shalat sunnah dulu di depan maqam Ibrahim, sesuai sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Maqom ini bukan makam ya, gengs… Maqam ini berupa tempat atau benda yang pernah dipakai atau dipijak oleh Nabi Ibrahim AS, yaitu batu yang melunak ketika dipijak oleh Nabi Ibrahim AS sehingga telapak kakinya seperti tercetak di batu itu. Wallahualam… 

 

Setelah itu lanjut ke rukun umroh selanjutnya yaitu Sa’i. Langsung lah kita berjalan ke bukit Shafa menuju ke bukit Marwah dan melakukannya sebanyak 7x. Jangan bayanginnya bukitnya itu masih padang tandus seperti jamannya Siti Hajar dan Nabi Ismail dulu ya gengs .. Karena Ka’bah dan 2 bukit itu sangat dekat, mungkin hanya sekitar 200 meter, dan antara bukit Shafa dan Marwah sudah diberi keramik dan beratap jadinya adem dan nyaman untuk dipakai Sa’I. Malahan untuk lansia dan anak kecil diberikan fasilitas skuter atau kursi roda saat sa’I. Tarifnya sendiri gw kurang tau ya tapi untuk memakai skuter sa’I di lantai 2. Untuk gw dan suami aja melakukan sa’I itu lumayan melelahkan loh… Ga kebayang saat Siti Hajar yang bolak balik Shofa - Marwah sebanyak 7x dengan kondisi panas terik dan lapar serta haus. 

 

Setelah selesai sa’I, gw dan suami dipandu ustadz kembali lagi ke pelataran Ka’bah untuk mencoba mencium Hajar Aswad. Makin mendekati Ka’bah makin sesak dan penuh sama orang - orang. Makin mendekati Hajar Aswad dan Hijr Ismail makin ga bisa bergerak. Tiba - tiba ada seorang pria bule yang perawakannya tinggi - besar berbicara ke gw dalam bahasa Inggris, intinya wanita lebih baik tidak disini, mana suamimu, disini berbahaya buat wanita, lebih baik kamu tidak disini. Gw tadinya cuek karena sudah niat banget untuk mencium Hajar Aswad. Si bule ternyata “marahin” ke suami gw karena tidak mengajak gw untuk pergi dari kerumunan ini. Akhirnya suami gw pun menarik gw keluar dari kerumunan itu. Emang sih situasinya kayaknya ga memungkinkan untuk sekedar memegang Hajar Aswad aja kayaknya susah. Karena didepan Hajar Aswad didominasi laki - laki tinggi besar sampai Askar yang menjaga Hajar Aswad pun kerepotan. Kecewa sih tapi daripada gw pingsan di depan Ka’bah kan ga lucu ya…

 

Gagal mencium Hajar Aswad, gw pun beralih ke Hijr Ismail, ternyata antriannya juga lumayan panjang ya… Badan ini kayaknya sudah terlalu cape dan terlalu lapar untuk mengantri begitu lama. Akhirnya gw pun beralih lagi ke bagian Ka’bah yang lain.. Alhamdulillah, disudut ini lumayan ada celah untuk memegang Ka’bah dan menciumnya. Mumpung di dekat Ka’bah gw berdoa meminta ampun dan berdoa untuk yang sudah menitipkan doa dari keluarga dan saudara. 

Saat sedang beristirahat di pinggir mathaf (tempat thawaf) ada suami - istri beserta anak yang digendong , mereka mendekati gw. Pertamanya mereka bertanya, “can you speak english..?”, gw mengangguk dan mereka pun bercerita bahwa mereka belum makan dan tidak punya ongkos untuk pulang. Akhirnya setelah diskusi singkat dengan suami, gw memberi mereka 5 real. Dan kata pembimbing kita (muthowwif) itu merupakan salah satu scam, jadi hati - hati aja ya gaes.. Kalo mau ngasih ya seikhlasnya aja atau tolak dengan halus.



                                           InsyaAllah..semoga bisa umroh bareng sama AlQuin juga someday..
                                                                                 Aamiin Ya Rabbal Álamiin                        


Puas berdoa di depan Kabah hari sudah makin sore, akhirnya kita keluar masjidil haram dengan tenaga yang tersisa tapi ternyata masih ada 1 rukun umroh lagi yang harus dilakukan yaitu, tahalul. Tahalul bagi pria itu afdolnya dicukur habis, sedangkan tahalul bagi wanita cukup memotong minimal 3 helai rambut sepanjang 1 ruas jari. Karena tahalulnya bareng muthowif yang bisa bahasa Arab jadi harganya bisa ditawar, hehe.. Kita deal di 15 real untuk 2 orang. Tempat potong rambutnya di bawah Zam Zam Tower. Abis tahalul karena ga kuat nahan laper nunggu restoran hotel siap, kita akhirnya jajan nasi briyani, nasi mandhi dan kebab di samping tempat tahalul. Baruuu aja slese makan mau pulang ke hotel, kita malah dapet nasi briyani lagi dikasih orang. Akhirnya kita kasih aja nasi box itu untuk pengemis di sekitaran Zam Zam Tower.

 


                                                        Biar makin yahud rasanya, sambelnya harus Belibis dong!
                                                                                       Sambel Endonesah...!!

Sampe di hotel udah langsung deh rebahan di kasur, kita dapet kamar yang kasurnya ada 2. Duuh rasanya belum rebahan selama 24 jam tuh gimana sih.. Tapi langsung inget kalo belum mandi juga dari kemarin, haha..tapi akhirnya rebahannya ga bisa lama - lama karena kita ngejer mau shalat maghrib di dalam masjidil haram kan.. Yuk semangatttz, jauh2  terbang ke Mekkah masa cuma shalat di kamar hotel...?!?


Jam 6 sore kurang kita baru berangkat dari hotel ke masjidil haram, yang mana itu telat banget.. bener aja, walaupun gate belum ditutup tapi shalatnya dapet di deket - deket pintu jadinya.

Setelah shalat maghrib dilanjut dengan dzikir dan baca alquran sampai shalat Isya. Habis shalat Isya langsung semangat banget ke restoran hotel karena udah lapar sangaaatttt…!!! Alhamdulillah.. di hotel ini makanannya melokal sekali…  Ada sambel dan ada kerupuk. Yeaay…!! Makan yang banyak biar besok semangat tahajud di masjidil haram. Terpantau padat ya kegiatan di Mekkah. MasyaAllah Tabarakallah….

Comments

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read