Skip to main content

Umroh Day 5 : Say Goodbye To Kaabah.. So Saaad !!!

22 Januari 2023

Last Dayyy...... Nooooooo

Kali ini bangun untuk shalat Qiyamul Lail lebih semangat karena ini hari terakhir di Mekkah….. Ya Allah kalo inget ini langsung sediiih banget, kayaknya baru kemarin nyampe Mekkah kok udah harus pergi…? Makanya gw berusaha menikmati banget semua momen saat di masjidil haram. Sampai saat adzan pun bener - bener gw dengerin banget…  Sebelum check out hotel, pembimbing kami mengarahkan kami untuk melakukan thawaf wada (thawaf perpisahan). Caranya sama seperti thawaf saat umroh yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak 7x. Bedanya adalah karena gw ngikut thawaf bareng suami dan pembimbing kami yang sudah ga berpakaian ihram lagi, jadinya kita hanya boleh thawaf di lantai 2 nya masjidil haram. Dan tentu saja membuat jaraknya jadi semakin jauh yaa… Tapi karena ini hari terakhir melihat Ka’bah jadi capenya ga gitu berasa..kalah sama rasa sedih karena harus berpisah dengan Ka’bah. Huhuuu….

Why is it so heart to leave youuuuuu

Selesai thawaf wada, kita kembali ke hotel untuk berkemas dan check out dari hotel Anjum. Saat sudah bersiap untuk menunggu bus yang menuju Madinah, kita sempat beli kurma dulu. Di hotel Anjum ini ada kios kurma di dalam lobi hotelnya yang menjual segala macam kurma organik. Dan harganya juga menarik banget karena mayan murah dari beli di pasar. Udah gitu packagingnya juga oke banget.. Bungkuss deh kurma Medjool dan kurma Ajwa nya (yang setelah dicoba, kurmanya enaaak deh… apalagi ada embel - embel organiknya gitu ya.. jadi makin ngerasa worth the price).

Setelah selesai semua urusan check out dari hotel Anjum, kita pun segera naik bus yang akan menghantarkan kami ke Madinah. Bakal kangen nih sama hotel ini, kayaknya satu - satunya hotel dekat pelataran Masjidil Haram yang punya area nongkrong - nongkrong di halaman hotelnya. Tapi pengen coba hotel lain sih..apalagi yang di dalam Zam Zam Tower tuh… InsyaAllah ya kalo ada rejeki lagi.

Sebenarnya sekarang ada opsi lain ke Madinah selain naik bus, yaitu dengan naik kereta cepat Haramain. Yang harusnya dengan naik bus memakan waktu 6 - 7 jam, kalau naik kereta cepat ini hanya 2 jam-an saja. Jadi hemat waktu ya.. Tiket keretanya sih katanya 150 Riyal, nah tuh…jadi alasan lagi kan buat balik kesini lagi, pengen cobain naik kereta cepat juga…

Kita melewati tol yang panjang dan pemandangan gurun pasir sepanjang jalan, gw jadi merenung.. perjalanan Nabi Muhammad dan para pengikutnya pasti berkali - kali lipat lebih susah kan dari ini. Bayangin aja Rasulullah hijrah naik unta, kalo naik bus yang kecepatannya 150 km/jam aja sampenya paling cepat 6 jam, kalo naik unta itu berapa hari..?? berapa minggu..?? belum lagi cuaca yang kadang ga bersahabat, ditambah serangan dari kaum kafir Quraish yang membahayakan keselamatan. Pastinya perjalanan hijrah ini sungguh menantang dan berliku. Huuu…pokoknya perjalanan ke Madinah ini jadi buat gw merenung, ditambah lagi sepanjang perjalanan pembimbing kita ga bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu berdzikir.

Gurun penuh Unta di perjalanan ke Madinah

Akhirnya sampai di kota Madinah sekitar jam 7 malam, saat itu di jalanan terlihat banyak orang - orang menuju masjid Nabawi. Dari kejauhan juga payung - payung raksasanya sudah keliatan, dari jauh juga terlihat cantik loh.. MasyaAllah…

Karena menunggu check in-nya lama kita baru bisa masuk kamar jam 8 malam. Di Madinah ini kita menginap di hotel Al Ritz Madinah. Hotelnya kecil (tidak seperti hotel Anjum yang punya 2 bangunan) tapi hotel ini letaknya strategis. Di depan hotel sudah terlihat pertokoan Taiba, jarak dari hotel ke Nabawi hanya sekitar 150 meter. Mantap kan… Alhamdulillah kamar yang kita tempati ga ada hal yang harus di komplain, semua fasilitas berfungsi dengan baik. Ga seperti jamaah lain yang satu travel dengan kita, ada yang pintunya tidak bisa ditutup, ada yang ACnya tidak nyala, dan ada yang kunci pintunya ga berfungsi. Tapi overall..kamarnya luasss… Ini sih jangan ditanya.. Kamar yang kita tempati itu ada 4 bed. Jadi tidurnya bisa pindah - pindah deh…banyak pilihan, hahah…

Selesai bebersih badan dan bawaan, gw udah ga sabar lagi mau lihat masjid Nabawi.  Pdahal saat itu sudah jam 9 malam, jadwal kita ke masjid Nabawi baru besok saat shalat subuh. Duuh udah ga sabarr aku tuh, mana dari sebelum sampe hotel udah liat payung - payung cantiknya Nabawi. Nambah penasaran kaan…. Akhirnya kita hubungi pembimbing kita untuk nganterin ke masjid Nabawi, pake buat alasan segala biar saat subuh nanti gw jadi udah lumayan tau lokasinya seperti apa. Soalnya masjid Nabawi ini berbeda dengan Masjidil Haram. Masjid Nabawi ini seperti masjid pada umumnya, yaitu tempat ikhwan dan akhwat dipisah. Tapi kan masjid Nabawi ini besar dan luas banget yah… pintu gerbang masuknya saja ada puluhan. Kalau di masjidil Haram walaupun lebih besar tapi pintu masuk ikhwan dan akhwat tidak dipisah, jadi ga perlu kuatir terpisah dari rombongan.

Alhamdulillah pembimbing kita tidak keberatan meluangkan waktu istirahatnya untuk mengantar kita ke masjid Nabawi. Yaah gini deh kalo grup kecil, jadwal kegiatan bisa custom sesuai kondisi ditempat. Tapi ga enaknya, apa2 gw sendiri atau paling berdua sama suami karena jamaah lain di grup travel kita itu satu keluarga dan bawa balita, jadi mereka ngikutin jadwal tidurnya balita, ga bisa lama - lama di masjid. Pokoknya umroh kemarin itu malah dapet temen perempuan dari travel lain atau malah temen dari negara lain.

Ternyata masjid Nabawi hanya berjarak sekitar 150 meter dari hotel tempat kita menginap (Al Ritz Hotel). Dan sesampainya di sana sudah hampir jam 10 malam, suasananya sangat berbeda dengan Masjidil Haram. Di masjid Nabawi ini sepi sekali jika dibandingkan dengan Masjidil Haram. Di pelatarannya yang sangat luas itu, hanya terlihat beberapa gerombolan, dan tiap gerombolan ga lebih dari 3 orang. Karpet di pelataran masjid pun sebagian besar sudah digulung, petugas kebersihan pun ga keliatan (ga seperti di masjidil haram yang petugas kebersihannya berseliweran setiap saat). Saat masuk masjid pun tidak penuh sesak seperti di Masjidil Haram, tapi masih terlihat beberapa kelompok orang yang sedang shalat atau mengaji. Gw jadi lebih gampang buat sekedar melihat - lihat keadaan di dalam masjid.

Nabawi in night

Masjid Nabawi ini indah banget ya… Luarnya cantik oleh payung - payung raksasa, didalamnya juga megah dan luas sekali. Yang bikin terkenang sampai sekarang tuh wanginya masjid Nabawi yang khas, hmm… vibesnya masjid ini jadi damai banget pokonya. Tapi jadi sedih karena Nabi Muhammad yang kita cintai, meninggal dan di makamkan di masjid ini. Duuh jadi ga sabar besok pagi nih karena jadwalnya gw masuk Raudhah. Akhirnya setelah 15 menitan berkeliling di dalam masjid, gw keluar juga dan mencari paksu tapi kok ga keluar - keluar juga ya dari masjid. Dan karena di Madinah lagi dingin banget (sekitar 17 dercel), lihat sekitar juga di pelataran masjid juga yang terlihat hanya beberapa orang saja, akhirnya gw memutuskan untuk balik saja ke hotel sendiri. Kayaknya tadi perjalanannya deket sih, harusnya ga nyasar lah ya… Diperjalanan pulang, gw jadi teringat suasana masjidil haram yang ramenya 24 jam, ga pernah sepi! Malah di jam - jam tengah malam ada rombongan yang baru mulai melakukan rangkaian ibadah umroh! Tapi justru di masjid Nabawi ini enak banget tuh buat shalat dan mengaji, karena vibes masjidnya menenangkan bangeet…

Alhamdulillah sampe hotel ga nyasar, begitu dapet jaringan wifi hotel langsung ngabarin suami kalo gw sudah di hotel lagi. Aaah… ga sabarrr buat besok karena mau masuk Raudhah, yang kata rasul merupakan taman yang ada di surga.

Popular posts from this blog

Spring in Seoul Part 4 : Harry Potter Cafe, Ewha University, Starfield Library, Gangnam Street & Itaewon

21 April Another day in Seoul... Pagi ini kita mau tujuan yang deket – deket aja dulu. Letaknya di belakang jalan besar Hongdae, patokannya ada Mc Donalds. Pokonya ada di Google Maps, ga akan kesasar deh.. Setelah jalan agak lama, kita belok ke jalan yang agak nanjak. Baru deh ketaun theme cafe yang nyempil. Dari jauh gw udah ngeliat trolinya Harry Potter nih yang nembus ke dinding. Udah ketebak theme cafe nya apa..?!?! Yup, inilah Harry Potter Cafe King Cross St. 9¾. Harry Potter Cafe Knock.. knock... Butterbeer one,  Dan karena masih pagi antrian untuk berfoto sama troli ini belum ada. Tapi setelah kami foto – foto, udah banyak aja yang ngantri. Duh jadi ngayal ke Harry Potter World ya di Universal Studio. Kami ga masuk ke dalam Cafe.. karena katanya harga makanan dan minumannya overprice. Yaudahlah, foto sama trolinya aja gw udah bahagia kok! hahaha.... menuju ke peron 9 3/4 Ewha Woman University Perjalanan dilanjut ke Stasiun Hongik, kita mau men

Umroh Day 1 : Finally....First Time Touch Ka'bah !!

18 Januari 2023   Setelah menempuh jalan tol yang kanan – kirinya gurun pasir dan bukit batu yang menghijau karena sedang sering hujan di Mekkah dan sekitarnya… akhirnya tampaklah dari kejauhan puncak Zam Zam Tower. Semakin bis kita mendekati kompleks Masjidil Haram, makin silau mata ini melihat kemegahan Masjidil Haram dan menjulangnya Zamzam Tower.                                                Gurun menghijau yang Viral itu ternyata Fakta!!!                                                                      Untuk menuju ke pelataran hotel Anjum ( hotel kita selama di Mekkah) , ternyata macet bangettt. Ya gimana ga macet, banyakan bus nya daripada mobil biasa yang lewat situ. Jalannya nanjak pula, bus kita sampe ga kuat nanjak, mesinnya mati – mati terus padahal bus segede ini Cuma diisi 7 orang dewasa dan 1 balita. Untungnya pas di tol tadi ga pernah mati yah mesinnya (parno sendiri).   Sampai di hotel jam 10 lebih, dan tentu saja kamar kita belum ada karena belum saatnya check

Selamat Hari Ibu, Mama...

Di Hari Ibu kemarin..gw pagi-pagi nelpon nyokap. Ga aktif! Yasud, nelpon ke hp babeh sajah...ya karuan jadi ngobrol sama si papa dulu... Pas nyokap gw nimbrung (karena telponnya di loudspeaker) malah cerita tentang susahnya gw nyari pengganti ciripha 3 ini.. Oh, calon ciripha 4....datanglah padakuuuh...!!! #lostfocus Oke..oke...back to the topic. Akhirnya sebelum makin lupa...gw potong aja pembicaraan kita, "Ma, selamat hari ibu ya... Tuh cowo-cowo yang di rumah (papa dan adek gw) diberdayakan aja..disuruh ini-itu". Hihiiii... Trus emak gw bilang, "ooh...hari ini ya.. Pantesan ade bawa pizza segede gaban 2 loyang, tapi mama lagi kepengen cimol yang kamu beliin pas mama di bogor tuh..." GUBRAKKKSSSS!!! Emak gw ini yah....dikasi pizza enak gitu malah kepengen cimol PP.. (lha, kok nulis ini gw juga ngiler yah..jadi pengen ngibrit ke Plaza Pangrango ya..beli cimol itu, hehe..) But...that's her. Always and always...tidak terduga. I can't read